Senin, 28 Juni 2010

Pasca Rusuh, Rekap Kembali Dilanjutkan


Rekap suara hasil pemilukada Soppeng di Kecamatan Liliriaja yang sempat tertunda tetap dilanjutkan, Sabtu 26 Juni. Penghitungan tidak terpengaruh dengan aksi pembakaran kantor KPU Soppeng oleh massa yang kecewa dengan hasil pemilukada.
Rekap dilanjutkan dengan pengawalan ketat aparat keamanan. Kotak suara tersebut telah diantar Ketua PPK Liliriaja, Fahruddin dan diamankan pihak Polres Soppeng.

Sementara kotak suara dari lima kecamatan yang telah menyelesaikan rekapnya seperti Marioriawa, Donri-donri, Lilirilau, Citta, dan Ganra juga telah diamankan. Termasuk kotak suara dari Marioriwawo yang belum sempat dihitung, namun diamuk massa.
"Kotak suara yang diamankan berjumlah 405 buah. Yang tidak bisa terselamatkan hanya kotak suara dari Lalabata 92 buah yang ludes terbakar bersama kantor Camat Lalabata," kata Kapolres Soppeng, AKBP Ricky Naldo Chairul.
Ricky menambahkan amuk massa yang melakukan pembakaran kantor camat dan KPU Soppeng telah disikapi. Polisi menggagas pertemuan dengan muspida, pihak pemkab, dan perwakilan tim kandidat.
"Kita membahas agar kamtibmas Soppeng tetap kondusif," tambah Ricky.
Kasus amuk massa tersebut juga mendapat perhatian khusus anggota DPR RI, Akbar Faizal dengan berkunjung ke Soppeng. Akbar berharap semua kandidat bisa mengendalikan pendukungnya. Sebab kandidat yang ikut bertarung merupakan putra daerah.
Bahkan secara khusus Akbar bersama Kapolres menemui beberapa kandidat calon bupati seperti A Soetomo dan A Kaswadi Razak. Menurut Akbar kandidat tersebut menginginkan Soppeng tetap kondusif.
Di tempat terpisah sekelompok massa kembali berujuk rasa menolak hasil pemilukada Soppeng. Mereka melampiaskan emosinya dengan membakar ban bekas. Aksi tersebut sempat memacetkan jalan utama kota Watansoppeng.
Koordinator aksi, Sahrul meminta agar pemilukada Soppeng diulang. Menurutnya pihak KPU telah melakukan kecurangan dalam pemilukada.
Hingga berita ini dibuat, aparat keamanan terus melakukan penjagaan di kediaman dua kandidat cabup Soppeng, Andi Soetomo dan Andi Kaswadi. Sejumlah pendukung berkumpul di masing-masing rumah kandidat.


sumber : Fajar.co.id

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar