Selasa, 21 Desember 2010

Soppeng Bangun Pabrik Jagung

Kabupaten Soppeng mulai dilirik investor. Salah satunya PT Alarante Sulawesi yang membangun pabrik pengolahan jagung di Labessi, Marioriwawo. Peletakan batu pertama pembangunan pabrik dilakukan Sabtu 18 Desember. Perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis tersebut menginvestasikan dana sebesar Rp23 miliar. Pabrik berkapasitas produksi 300 ton per hari itu ditargetkan beroperasi Maret 2011.

Direktur Utama PT Alarante Sulawesi, Alexander Johan Wijaya mengatakan potensi jagung di Soppeng cukup besar untuk dikembangkan. Dengan pembangunan pabrik di atas lahan seluas satu hektare tersebut diharapkan mampu menyerap hasil pertanian petani. Bukan hanya jagung milik petani Soppeng tapi hasil pertanian kabupaten tetangga seperti Bone, Wajo, Sidrap dan daerah lain.
Menurut dia, iklim investasi yang kondusif tak lepas dari peran pemerintah Kabupaten Soppeng yang memberi kemudahan bagi calon investor. Selain itu, kata dia, pihak perbankan seperti BRI dan Bank Muammalat juga mendukung menopang pendanaan.
"Awalnya saya tidak mengenal jagung. Sehingga saya turunkan tim untuk mensurvei berbagai wilayah dan pilihan itu jatuh di Soppeng yang potensi jagungnya melimpah," kenang Alexander. GM Alarante Sulawesi Cabang Soppeng, Cahyo Putra Susilo menambahkan pabrik tersebut didirikan dengan kapasitas produksi mencapai 300 ton setiap harinya.
Adapun Bupati Soppeng, A Soetomo mendukung penuh adanya investor di daerahnya. "Kehadiran perusahaan ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Luas penanaman jagung di Soppeng mencapai 7.798 hektare. Produksi perhektarnya rata-rata 8 ton," kata Soetomo. Sumber : Fajar.co.id

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar