Rabu, 01 Oktober 2014

Ritual Budaya di Tinco Penuh Makna

Sumber: upeks.co.id
Upeks.co.id - Sebagai penghormatan leluhur yang ditandai pesan-pesan kebajikan Dinas pariwisata dan Kebudayaan Soppeng gelar ritual Mattaungeng, baru-baru ini. Kegiatan di Dusun Tinco, Kelurahan Ompo Kec. Lalabata itu dihadidi sejumlah pejabat. Mereka itu, Bupati Soppeng, Drs H A Soetomo,
Ketua Sementara DPRD Soppeng Hj A Patappa Unga, Kepala SKPD, Camat dan Kadis Pertanian Sulsel Ir H Lutfi serta warga setempat. Bupati menandaskan, ritual Pattaungeng ini bukanlah bernuansa syirik, tapi upaya lebih menghormati roh para leluhur. Penghormatan itu mengandung nilai kearifan lokal yang mengandung makna kehidupan mendalam.
Salah satu isinya menyadarkan kita yang penuh keterbatasan. berbagaipesan leluhur itu, akan lebih mendekatkan diri kita pada Allah Swt. Ritual ini, lanjut mantan Karo Umum Pemprov Sulsel itu patut kita apresiasi sebagai suatu produk budaya peradaban manusia dan merupakan sumber nilai yang tinggi bagi masyarkat, sehingga perlu dilestarikan. Bupati berharap ini akan menghadirkan semangat kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat hingga peradaban mereka selalu tumbuh dan terpelihara dalam berbagai kondisi sekaligus menjadi pijakan untuk bekerja dan berkarya. Rangkaian ritual berlanjut di Petta Bulu Matanre (makam Syeh.Moh.Yusuf.Ali). Diperkirakan tokoh penyiar agama islam itu hadir di Soppeng abad 15. Menyusul ritual di Desa Goarie, Kec. Marioriwawo. (rh/arf).


Sumber : http://upeks.co.id/index.php/daerah/item/18618-ritual-budaya-di-tinco-penuh-makna
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar