Rabu, 01 Oktober 2014

Dana PPIP Patampanua Disorot

Upeks.co.id - Bantuan Program Pengembangan Infra Struktur Pedesaan (PPIP) di Desa Patampanua, Kecamatan Marioriawa, Soppeng menngucur. Sumber anggarannya, dari APBN 2014 Rp 250 juta.Tahap pertama Rp 100 juta dan pada tahap ke dua Rp250 juta. Sesuai hasil musyawarah anggota,BPD, Pemerintah Desa dan tokoh masyarakat pekan lalu disepakati,
dana akan dikucurkan di Tampaning. PPIP akan digunakan membangun rawa beton di pemukiman Tampaning.
Penduduk di desa itu tersebar di beberapa kampung, mulai dari Kawerang, Medde, Kampong Tengnga, Paliccu, Alompang dan Tampaning. Andi Salim Panaungi, salah satu warga Medde Patampanua di Senin (29/9), mendesak pembangunan ditinjau ulang, terutama lokasi dibangunnya rawa beton. Alasannya, secara proporsional jumlah penduduk Tampaning lebih kecil dibanding kampung lainnya di Desa Patampanua.
Di desa itu, ujar Andi Salim, jumlah pemilih di Tampaning kurang lebih 150 orang, di Medde yang amat berdekatan tetangga kampung, Kawerang, Medde, Kampong Tengnga, Paliccu dan Alompang kurang lebih 1.700 orang. Seharusnya, dana itu bukan seluruhnya dikucurkan di Tampaning, tapi juga harus dikucurkan sebagiannya di kampung lainnya seperti di Medde. Dia menilai PPIP yang dikucurkan di desa tersebut sudah keluar dari salah satu dari tujuh azas pembangunan, azas keadilan. Pembangunan PPIP sudah tidak berkeadilan. Pihak Camat Marioriawa selaku pemerintah setempat dan SKPD yang membidangi bantuan ini, diminta turun tangan meluruskan penerapannya, tandas Andi Salim.
Dia mengaku tidak hadir dalam musyawarah yang dilaksanakan pemerintah setempat. Saat itu dia berada di luar Kabupaten Soppeng. Meski demikian, dia tetap memantau perkembangan yang terjadi di musyawarah tersebut. Dalam musyawarah itu, beber Andi Salim, sebagian besar tokoh masyarakat walk out sebagai bentuk ketidak setujuannya hasil keputusan musyawarah yang bakal ditetapkan. Udarmin, Ketua LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) Desa Patampanua membenarkan dana PPIP di Desa Patampanua dua tahap untuk pembangunan di Tampaning. Prosesnya sudah sesuai prosedur dan melalui Hasil Keputusan Musyawawarah Desa, kata Sudarmin. (rh/arf).


Sumber : http://upeks.co.id/index.php/daerah/item/18536-dana-ppip-patampanua-disorot
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar