Kamis, 08 Juli 2010

Pelaksanaan DAK Ditenderkan

Sedikitnya 49 sekolah dasar (SD) di Kabupaten Soppeng bakal mendapatkan dana peningkatan mutu pendidikan sebesar Rp 180 juta. Dana itu diperuntukkan untuk pengadaan buku, alat peraga dan teknologi informasi komputer (TIK).

Kasi Sarana dan Prasarana Dikmudora Soppeng, Umar di ruang kerjanya, Rabu 7 Juli mengatakan, di antara SD itu, tiga sekolah tidak mendapatkan pengadaan ruang perpustakaan. Selebihnya mendapatkan dana peningkatan mutu dan pengadaan perpustakaan. Dananya bersumber dari DAK pendidikan sebesar Rp 17,8 miliar.
"Sekolah yang akan mendapatkan DAK telah disurvei. Setiap sekolah mendapatkan dana peningkatan mutu sekira Rp 180 juta. Namun belum termasuk pengadaan perpustakaan," ujarnya.
Metode pelaksanaan DAK tahun ini lanjutnya, berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun lalu menggunakan metode swakelola sekolah, namun 2010, pelaksanaannya dengan sistem tender langsung.
Menurut dia, setiap pelaksanaan DAK, baik pengadaan buku maupun perpustakaan harus ditenderkan. Bagi kontraktor yang berminat harus siap mendaftarkan perusahaan.
Umar menambahkan untuk SMP, hanya mendapatkan dana rehabilitasi. Jumlah sekolah yang mendapatkan DAK sebanyak 38 SMP. Setiap sekolah mendapat bagian dana rehabilitasi sesuai kebutuhan ruang kelas yang mengalami kerusakan berat.
"Pelaksanaan kegiatan DAK masih menunggu keputusan Kementerian Pendidikan tentang spesifikasi kegiatan. Jika SK sudah diterima segera dilakukan tender," janjinya.


sumber : fajar.co.id
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar