Jumat, 19 September 2014

Fraksi Demokrat Gagal Terbentuk

Upeks.co.id - Jelang Rapat Paripurna Penetapan Tata Tertib DPRD Soppeng masa bakti 2014 – 1019, lima fraksi DPRD Soppeng terbentuk. Diantaranya, Fraksi Gerindra (delapan legislator) diketuai Asmawi, Fraksi Partai Golkar (tujuh legislator) diketuai Syaharuddin M Adam,
Fraksi PDI-P (empat legislator) diketuai Hj. A. Besse Megawati, Fraksi PPP 5 legislator (PPP 3, PKB 1 dan Partai NasDem 1) Ketuanya A Takdir dan Fraksi Gabungan atau Fraksi Amanat Bersatu 4 legislator (PAN 2, PKS 1 dan PBB 1) diketuai A Kuneng.
Sementara itu, Fraksi Partai Demokrat, awalnya tiga legislator yang tergabung dari dua parpol, PD 2 legislator dan Partai NasDem 1 legislator dengan Ketua Hairuddin Tahang. Hanya, karena rekomendasi Pimpinan Daerah Partai NasDem Soppeng menempatkan anggotanya di DPRD Soppeng agar gabung di FPPP, sehingga Drs Jafar (NasDem) harus taat perintah pimpinan partainya. Kini Fraksi Partai Demokrat tinggal dua orang. Otomatis, tak dapat membentuk fraksi, kecuali gabung pada satu fraksi di antara lima fraksi yang telah terbentuk.
Fraksi Partai Demokrat secara juga secara otomatis tak bisa terbentuk. Dalam UU No: 12 Tahun 2014 tentang MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD) menyaratkan, pembentukan fraksi, minimal anggotanya sama jumlah komisi. DPRD Soppeng terdiri atas 3 komisi, ujar Ketua Fraksi PPP DPRD Soppeng A. Takdir di ruang kerjanya, Rabu (17/9). Pantauan Upeks di DPRD Soppeng, sejumlah anggota dewan dari fraksi- fraksi, aktif melobi anggota fraksi lainnya untuk menggolkan anggota fraksinya pada perebutan pimpinan di tiga komisi dan empat badan (Badan Legislasi, Badan Musyawarah, Badan Anggaran dan Badan kehormatan). (rh/arf).


Sumber : http://www.upeks.co.id/index.php/daerah/item/17908-fraksi-demokrat-gagal-terbentuk
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar