Senin, 09 Agustus 2010

Soppeng Ketegori Kuning Malaria

Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit malaria. Kini daerah tersebut masuk sembilan daerah di Sulsel endemisitas sedang (kategori kuning) malaria.
Project Manager Malaria Soppeng yang juga Kabid Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL) Diskes Soppeng, dr Nurhadi Muda di ruang kerjanya, akhir pecan lalu mengaku telah ditemukan positif penderita malaria 22 orang. Penderita itu ditemukan dalam penyisiran puskesmas di daerah itu sebelumnyai. Namun mereka telah menjalani perawatan dan pemberian obat.

Bahkan diskes telah menetapkan tiga desa di Soppeng yang masuk kategori merah penderita malaria masing-masing Desa Soga (Marioriwawo) dan Kampiri serta Citta Kecamatan Citta.
"Soppeng masuk ketegori kuning penderita malaria di Sulsel. Bahkan tiga desa masuk kategori merah. Desa lainnya masuk kategori kuning dan hijau," ujarnya.
Kasi Penyakit Menular Diskes Soppeng, Hj Nurbaya menambahkan, selama ini malaria telah mendapat perhatian Global Fund. Organisasi dunia yang peduli kesehatan itu telah menyalurkan dana Rp 58 juta lebih. Dana tersebut termasuk pemantauan penderita dan obat-obatan bagi penderita malaria.
"Program Global Fund mengharapkan Indonesia steril dari malaria hingga 2020. Untuk mencegah bertambahnya penderita malaria, dalam waktu dekat ini dibagikan kelambu khusus bagi ibu hamil dan bayi yang baru lahir," ungkap Nurbaya.
Nurbaya menambahkan, kini aktif dilakukan penyisiran wilayah. Setiap daerah disurvei untuk mengetahui kemungkinan adanya warga yang terserang malaria.
sumber : fajar.co.id

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar