Jumat, 02 Maret 2012

Flu Burung Kembali Mewabah

Flu burung (avian influenza) kembali menyerang sentra peternakan di Kabupaten Soppeng. Ratusan ternak ayam milik warga dilaporkan mati secara mendadak.
Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan Soppeng, drh Hartono menuturkan, serangan flu burung kembali terjadi di Labokong, Kecamatan Donri-donri dan kampung Lalange, Kecamatan Marioriwawo. Menurutnya, ayam yang mati mendadak sesuai laporan yang diterima pihaknya sudah mencapai seribuan.

Khusus di Kampung Labokong flu burung menyerang ayam pedaging. Sedang di Lalange menyerang ayam petelur."Jumlah tersebut belum termasuk ternak warga yang mati namun tidak dilaporkan. Ayam yang mati di Labokong dan Lalange positif flu burung," kata Hartono, Selasa 28 Februari. Hartono menjelaskan, kejadian Soppeng ini sudah kategori sporadis flu burung. Artinya, penyebaran flu burung tidak hanya pada suatu sentra tertentu, tapi sudah hampir terjadi diseluruh wilayah kecamatan. Hartono mengungkap, merebaknya kembali kasus flu burung ini membuat dinas terkait terus meningkatkan kewaspadaan. Termasuk menyiapkan desinfektan untuk penyemprotan kandang peternakan warga. Untuk itu, Hartono meminta warga agar tidak membuang ayam yang mati disembarang tempat. Tapi harus dibakar dan dikubur agar penyebarannya tidak meluas."Peternakan harus menerapkan bio security ketat di kandang.Agar penyebaran penyakit bisa dimanimalisir," tegas Hartono.
(parepos.co.id)

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar