Rabu, 06 Agustus 2014

21 Guru SMPN 4 Liliriaja Berkualifikasi Sertifikasi

Sebanyak 21 dari 24 guru di SMPN 4 Liliriaja, Kecamatan Citta, Soppeng kini berkualifikasi guru profesional lulus sertifikasi guru dalam jabatan. Tiga diantaranya, seperti Rahmaniar,SPd sedang mempersiapkan diri untuk tugas belajar PPG (Pendidikan Profesi Guru) di UNM selama satu tahun.
Sementara dua lainnya, Rusmini serta Daeng Pasala tengah sibuk menyelesaikan program S1-nya. 
Kepala SMPN 4 Liliriaja Safri,SPd.MSi  didampingi Rahmaniar,SPd, guru Bahasa Indonesia merangkap Hubungan Masyarakat (Humas) dalam silaturahmi di Makassar, mengatakan dalam perspektif global pendidikan, guru di sekolah ini tidak hanya membekali peserta didik  dengan seperangkat pengetahuan dan kompetensi teknik yang terkait dengan struktur kurikulum. Proses belajar mengajar juga diarahkan agar peserta didik mempunyai kemampuan generik yang harus dikuasai  oleh setiap lulusan pada setiap satuan pendidikan.  
Artinya, disamping materi-materi  pembelajaran yang distrukturkan menjadi mata pelajaran dalam kurikulum, ada sejumlah  kemampuan yang secara umum sangat penting untuk dikuasai  siswa dan sekaligus  harus menjadi  karakter  luaran SMPN 4 Liliriaja.
Karakter  itu adalah  peserta didik yang mempunyai kemampuan berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, berinteraksi dalam kelompok, pemahaman global dan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi. Ini memberi petunjuk bahwa proses belajar mengajarnya sudah lebih bersifat multilinier atau pengupasan PBM-nya  berarah banyak.  
''PBM  dalam implementasi perspektif global pendidikan  bukan hanya  menyajikan  fakta-fakta yang ada dalam program pengajaran, tapi juga mengkaji fakta-fakta generik kemudian mengkomparatifkan  dengan fakta-fakta di permukaan,'' ujar Safri. (zai/rus)

Sumber : beritakotamakassar.com
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar