Selasa, 02 September 2014

LBH Minta Ketua DPRD Soppeng Tidak Alergi Media

Tribunnews.com - Andi Pattapaunga yang juga istri Bupati Soppeng, Andi Sutomo enggan memberi informasi terkait apakah Ia akan profesional menjalankan tugas sebagai ketua DPRD Soppeng priode 2014-2019.
Sebanyak dua kali Tribun menghubungi nomor ponselnya, tapi menantu Ketua DPD Garindra Sulsel, Latinro La Tunrung ini enggan menjawab. Pesan singkat juga tidak direspon.

Wakil Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar, Zulkifli Hasanuddin mengungkapkan, sangat disesalkan jika seorang pejabat negara masih alergi dan tidak mau menjawab pertanyaan wartawan baik dalam bentuk pesan singkat, telepon apalagi kalau sudah bertemu dengan wartawan.
"Dia (Pattapaunga) harus sadar. Posisi Ketua DPRD adalah posisi yang harus dekat dengan media," ungkap Sulkifli. Senin (1/9/2014) malam.
Menanggapi Andi Pattapaunga yang juga istri Bupati Soppeng, Andi Sutomo jadi Ketua DPRD Bone, Zulkifli mengatakan, memang secara logika politik, DPRD akan sulit mengawasi eksekutif, karena ketua DPRD adalah istri bupati itu sendiri.
"Tetapi untuk menegakkan marwah legislatif tidak ada alasan DPRD menjadi mandul pada eksekutif karena salah satu fungsi dewan adalah fungsi pengawasan terhadap eksekutif," ungkapnya.
Menurutnya, di sinilah juga pentingnya peranan masyarakat melakukan monitoring terhadap anggota dewan, jangan sampai melakukan hal-hal merugikan negara dan tidak mementingkan kepentingan masyarakat
Sebelumnya, sejumlah tokoh masyarakat setempat menganggap diangkatnya Pattapaunga menjadi ketua parlamen Soppeng bisa mengukuhkan politik kekerabatan di daerah itu.
Salah satu, tokoh pemuda Soppeng, Zulfikarnain, mengatakan secara aturan memang tak ada larangan istri bupati jadi ketua dewan. Tetapi secara etika hal ini bisa menimbulkan ketimpangan politik.
"Bagaimana caranya, istri bupati memimpin lembaga yang mengawasi bupati itu sendiri. Profesionalitasnya patut diragukan," kata Ketua Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sulsel ini.
Meski demikian, secara kultural masyarakat Soppeng, kata Zul, memang masih kental dengan politik dinasti." Sistim kekuasaan di Soppeng mirip-mirip dengan Mahabrata," ungkapnya. (*)

Sumber : http://makassar.tribunnews.com/2014/09/01/lbh-minta-ketua-dprd-soppeng-tidak-alergi-media
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar