Kamis, 25 September 2014

Melirik Ritual Massappo Wanua di Soppeng

Upeks.co.id - Ritual budaya Massappo Wanua (keselamatan kampung atau daerah) Soppeng berlangsung, Rabu (24/9). Start di depan rumah Datu Mappajanci (mantan Ketua DPRD Soppeng) barisan iring - iringan Massappo Wanua berpakaian adat menuju ke Bola Ridie sekitar
100 meter dengan berjalan kaki. Bola Ridie salah satu rumah tempat tersimpannya benda budaya berupa keris dan tombak dari kerajaan Soppeng.
Selain keturunan dari kerajaan Soppeng sebagai pelaku dalam kegiatan ini. Hadir, Bupati Soppeng Drs. H. A. Soetomo bersama Ketua Sementara DPRD Soppeng Hj.A Patappaunga. Kegiatan yang berlangsung 15 menit itu, berlanjut ke rumah Datu Pawelloi di Mangkawani. Ada tiga lokasi sumur dilakukan, ritual (Mappenre Wae Sesa). Tujuannya eningkatkan hasil panen. Dari sumur itu peserta iring- iringan dalam kota dan memasuki rumah jabatan bupati juga acara ritual, sebelum menuju Bola Ridie menandai selesainya acara.
Kadis Kebudyaan dan Pariwisata, A Unru, SH, kepada Upeks mengatakan, dalam setahun agenda acara berupa ritual di daerah ini ada delapan. Hanya saja, ditambah Maccera Tappareng di Kaca dan Limpomajang Kec.M arioriawa, hingga 10 setahun. Itulah salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, guna melestarikan budaya dan warisan leluhur masyarakat lokal, ujarnya. (rh/arf).


Sumber : http://www.upeks.co.id/index.php/daerah/item/18267-melirik-ritual-massappo-wanua-di-soppeng
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar