Selasa, 14 April 2015

1.358 RTSM di Soppeng Terima Dana PKH

Parepos.co.id - Sebanyak 1.358 rumah tangga sangat miskin (RTSM) di Kabupaten Soppeng menerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) tahap kedua dari pemerintah pusat di empat Kantor Pos di wilayah Soppeng. Pencairan dana PKH dijadwalkan berlangsung selama empat kali di tahun 2015. Jumlah penerima bantuan PKH 2015,
mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 1.125 RTSM.
Kepala Pos Cabang Watansoppeng, Aswardi mengatakan pembayaran berlangsung dua hari. Pembayaran serentak digelar di empat kantor pos yakni Takalala, Cabenge, Watansoppeng dan Batu-batu." Sesuai permintaan pembayaran dari pemkab, sebanyak 1.358 RTSM mendapatkan dana bantuan PKH. Dana yang disiapkan sekitar Rp 374 juta lebih," kata Aswardi, Senin 13 April, kemarin.
Terpisah Kadis Sosial Kabupaten Soppeng, A Nur Lina menambahkan bahwa penerima bantuan, telah melalui verifikasi di tingkat kecamatan. Verifikasi dilakukan oleh pendamping bersama pemerintah setempat. Dana itu diperuntukkan bagi RTSM yang tersebar di delapan kecamatan.
Nur Lina menjelaskan bantuan PKH disalurkan ke RTSM yang telah memenuhi kriteria persyaratan. Bantuan dana PKH diberikan kepada keluarga miskin (gakin) yang memiliki anak masih sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ibu nifas dan hamil, serta ibu menyusui dan masih ada balita. Lalu besar kecil penerimaan bantuan dana PKH tergantung komponen yang tertanggung dan kondisi gakin itu sendiri.
" Setiap RTSM mendapatkan bantuan PKH minimal Rp 800 ribu dan maksimal Rp 1,4 juta. Dana yang diterima bervariasi tergantung jumlah anggota keluarganya,"tambah Nur Lina. Tujuan PKH yakni mempercepat penanggulangan dan memutus rantai kemiskinan. Jadi dengan adanya program ini tidak ada lagi alasan orang tua untuk tidak menyekolahkan anaknya. Begitupula untuk memenuhi ketersedian gizi bagi bayi dan balita. 


Sumber : http://www.parepos.co.id/index.php/daerah/2164-1-358-rtsm-di-soppeng-terima-dana-pkh
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar